Assalamualaikum Wr..Wb....

Selasa, 01 Maret 2011

Tips Mencegah Flashdisk tidak mudah rusak...

Si mini tempat menyimpan data berkapasitas maxi ini, kini semakin populer di masyarakat. Hampir semua kalangan membutuhkannya, mulai dari kalangan professional, pelajar, wirausahawan, bahkan ibu rumah tangga. Kepopulerannya saat ini telah menggeser keberadaan floppy disk atau yang biasa disebut disket. Alasannya, tentu saja karena ukurannya yang mini dan mudah dibawa, namun memiliki kapasitas maxi. Flash disk mampu menyimpan 32 Mega Bytes – lebih dari 2 Giga Bytes data.
Namun si mini ini terkadang membuat kesal, saat data-data penting yang tersimpan di dalamnya menghilang. Pahami beberapa tips penting dalam memperlakukan dan merawat flash disk agar tak kecolongan :
Jangan letakkan di dekat benda yang memiliki medan magnet kuat
Barang-barang elektronik seperti TV, lemari es, DVD Player, handphone, dan barang-barang sejenis memiliki kekuatan magnet yang besar, sehingga sangat tidak baik untuk flashdisk.
Jaga flash disk agar tidak sampai tercelup air meski ada beberapa yang waterproof
Menjauhkan flashdisk dari kontak langsung dengan air adalah langkah yang paling aman, meskipun ada beberapa produsen flashdisk yang mengklaim produknya waterproof (tahan air)
Lakukan scan virus secara berkala dengan software antivirus yang recommend
Pada saat kita mengambil dan menyimpan data dari PC atau internet ke flashdisk, tidak hanya data yang ikut berpindah, tetapi juga virus-virus yang terdapat dalam komputer atau internet. Jadi usahakan melakukan scanning virus secara berkala dengan perangkat lunak antivirus yang recommend.
Penting melakukan proses eject atau stop sebelum mencabut flash disk dari port USB
Pastikan melakukan proses eject dan stop sebelum mencabut flashdisk dari port usb komputer, karena dapat merusak flashdisk secara fisik, serta mempengaruhi kerusakan pada data-data yang ada di dalamnya.
Jangan letakkan di tempat yang panas
Hindari benturan keras
Benturan keras dapat mengakibatkan flashdisk kehilangan data atau kerusakan secara fisik.
Tutup bagian socket USB flash disk jika tidak sedang digunakan
Udara dan lingkungan penuh dengan kotoran dan debu, dan flashdisk yang kotor dapat mengakibatkan proses baca tulis sering gagal.
Jauhkan dari panas
Semua barang elektronik termasuk flashdisk sangat rentan dengan panas, apalagi bila terkena matahari langsung, termasuk meninggalkannya di mobil..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar